Sabtu, 09 Mei 2015

MikroTik Certified Network Associate (MTCNA)/MODUL 1/Winbox

 MikroTik Certified Network Associate (MTCNA)

MODUL 1
First time accessing the router   (Pertama kali mengakses router)
• Winbox and MAC-Winbox         (Winbox dan MAC-Winbox)
• Webfig and Quickset                 (Webfig dan pagar dri tanaman)

 
Penjelasan Mengenai Winbox, Fungsi Serta Kegunaannya

 Winbox adalah utility yang digunakan untuk konektivitas dan konfigurasi MikroTik menggunakan MAC Address atau protokol IP. Dengan winbox kita dapat melakukan konfigurasi MikroTik RouterOS menggunakan modus GUI dengan cepat dan sederhana.
Winbox dibuat menggunakan win32 binary tapi dapat dijalankan pada Linux, Mac OSX dengan menggunakan Wine. Semua fungsi winbox didesain dan dibuat semirip dan sedekat mungkin dengan fungsi console, sehingga Anda akan menemukan istilah-istilah yang sama pada fungsi console.

Versi Winbox terbaru dapat di download di http://demo2.mt.lv/winbox/winbox.exe. Selain itu Anda juga dapat mendownloadnya langsung melalui RouterOS yang terhubung ke jaringan Anda.

Buka browser Anda dan masukkan alamat IP Router, lalu klik link download winbox.


Bagaimana cara menggunakannya? Pertama jalankan Winbox, kemudian klik tombol [...], Winbox akan menemukan MAC Address serta IP Address dari semua MikroTik RouterOS yang terhubung ke jaringan Anda secara broadcast.

Kemudian untuk terhubung ke salah satu RouterOS cukup pilih salah satu dari list yang ada, kemudian klik Connect. Jika diperlukan Anda diharuskan mengisi user login serta password untuk mengakses Router tersebut.

Winbox akan mencoba mendownload plugin dari router, jika Anda baru pertama kali terhubung ke router dengan versi winbox saat ini. Mungkin dibutuhkan waktu sekitar satu menit untuk mendownload seluruh plugin jika pilihan koneksi yang Anda pilih menggunkan MAC Address.

Setelah winbox berhasil mendownload plugin dengan baik maka jendela utama winbox akan ditampilkan.

Jika winbox tidak menemukan RouterOS, pastikan bahwa komputer Windows yang Anda gunakan terhubung langsung ke RouterOS menggunakan kabel ethernet, atau setidaknya komputer Anda dan Router terhubung pada hub/switch yang sama.

MAC Address bekerja pada layer 2 jadi Anda akan terhubung ke RouterOS tanpa Anda perlu melakukan konfigurasi IP Address. Tapi MAC Address tidak cukup stabil untuk digunakan secara terus menerus. MAC Address sebaiknya digunakan hanya pada awal konfigurasi saja.



Berikut sedikit penjelasan mengenai tombol dan tulisan pada bidang layar winbox loader:

  1. [...] - Digunakan untuk menemukan dan menunjukkan perangkat MNDP (MikroTik Neighbour Discovery Protocol) atau CDP (Cisco Discovery Protocol). Sederhananya untuk menemukan perangkat MikroTik RouterOS yang terhubung ke jaringan Anda.
  2. Connect - Digunakan untuk terhubung ke RouterOS.
  3. Save - Digunakan untuk menyimpan alamat, login, password, dan catatan. Entri yang disimpan akan ditampilkan di bagian bawah jendela loader.
  4. Tools - Digunakan untuk menjalankan berbagai fungsi, seperti menghapus semua item dari daftar, membersihkan cache pada disk lokal, impor alamat dari file WBX atau ekspor ke file WBX. 
  5. Connect To - Tujuan IP atau MAC Address dari Router.
  6. Login -  Username yang digunakan untuk otentikasi.
  7. Password - Sandi yang digunakan untuk otentikasi.
  8. Keep Password - Jika dicentang, sandi tidak disimpan ke dalam daftar.
  9. Secure Mode - Jika dicentang, winbox akan menggunakan enkripsi TLS untuk mengamankan sesi.
  10. Load Previous Session - Jika dicentang, winbox akan mencoba untuk mengembalikan semua jendela yang dibuka sebelumnya.
  11. Note - Deskripsi router yang akan disimpan ke dalam daftar.

    6 Teknik Cara Masuk Winbox Mikrotik



    Sebagai router yang multifungsi, mikrotik sudah dilengkapi dengan services/protokol umum yang biasa dipake di dunia jaringan sehingga memudahkan dalam konfigurasi maupun administrasi. Mikrotik bias diakses melalui beberapa cara, diantaranya :
    1. Winbox (8291)
    2. Telnet (23)
    3. SSh (22)
    4. Browser/WebFig (80)
    5. FTP (21)
    6. Serial console (RS232)


    Winbox

    Winbox adalah sebuah utility yang digunakan untuk melakukan remote ke dalam mikrotik dengan mode GUI (graphical user interfaces) yang bisa memudahkan kita dalam melakukan konfigurasi.

    Telnet

    Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

    SSh

    Secure Shell atau SSh adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.
    Browser (Webfig)
    Cara akses mikrotik lainnya adalah menggunkana browser yang dinamakan webfig (web base configuration). Walapun ada beberapa keterbatasan akan tetapi semenjak versi 5.x kemampuan webfig mulai ditingkatkan sehingga fungsinya hampir sama dengan cara akses menggunakan winbox.

    FTP

    Selain dengan cara diatas kita juga bisa mengakses mikrotik menggunakan FTP (file transfer protocol). Bisaanya FTP digunakan ketika kita akan meng upload atau men download file didalam mikrotik.
    Sebelum kita memulai akses mikrotik menggunakan winbox sebaiknya anda fahami terlebih dahulu beberapa istilah dan simbol berikut
    .
    Winbox : adalah sebuah utility untuk melakukan remote GUI ke Router Mikrotik, saat ini telah hadir winbox terbaru versi 3.x dengan beberapa kelebihan diantaranya adanya self automatic update, neighboor scan dan Open New Windows. winbox-mikrotik
    Ether/interface : kependekan dari kata ethernet atau port LAN pada mikrotik, selanjutnya akan disebut ether.
    MAC-address : Media Access Control-Address adalah sebuah alamat jaringan yang di implementasikan pada lapisan data-link (layer 2) dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. Anda bisa mengetikan ipconfig /all pada command prompt windows untuk mengetahui MAC-address ethernet komputer anda. contoh mac address windows
    Simbol-simbol di dalam kotak dialog winbox

    simbol-mikrotik
    Persiapan akses mikrotik
    Pastikan anda sudah mendownload winbox untuk memulai akses ke mikrotik, jika belum anda bisa download winbox pada link berikut http://www.mikrotik.com/download.
    Cara Remote Menggunakan Winbox
    Akses mikrotik melalui winbox bisa dilakukan dengan dua cara :
    1. Remote berdasarkan MAC-address.
    2. Remote berdasarkan IP mikrotik.

    remote winbox menggunakan mac
    Langkah-langkahnya :
    – Colokan ujung kabel UTP ke mikrotik ether2 dan ujung yang satunya lagi colokan ke computer/laptop.
    – Tunggu beberapa saat hingga proses acquiring network selesai.
    – Jalankan Winbox, kemudian klik tombol … yang ada di sebelah tombol connect untuk melakukan scanning MAC-address
    winbox mikrotik
    Karena dalam tutorial ini saya hanya mengkoneksikan satu buah mikrotik, maka hanya muncul satu MAC address, selanjutnya klik MAC-address yang muncul tersebut, kemudian klik connect.
    Ketika masuk kedalam router pertama kali maka akan keluar kotak dialog RouterOS Default Configuration, klik saja Remove Configuration karena kita akan melakukan setting router mikrotik sesuai dengan kebutuhan kita. Setelah anda menekan pilihan Remove Configuration maka winbox akan terputus, selanjutnya masuk kembali ke dalam mikrotik menggunakan MAC seperti cara diatas.
    Sampai disini kita sudah berhasil masuk ke dalam winbox melalui MAC-address, selanjutnya silahkan buat IP di ether2 untuk bahan praktek selanjutnya yaitu kita akan coba masuk ke dalam winbox melalui IP Address.
    Cara Setting IP Address di Mikrotik
    Klik menu IP > Address lalu klik tanda +Masukan IP 192.168.10.1/24 pada kolom address, untuk network biarkan default dan pada kolom interfaces pilih ether2 kemudian klik OK


setting Ip address mikrotik
remote mikrotik via Ip address

Sebelumnya kita telah belajar bagaimana cara akses mikrotik via MAC address dan telah melakukan setting IP pada interfaces ether2 mikrotik. Selanjutnya kita coba akses mikrotik melalui IP address yang telah kita setting sebelumnya yaitu 192.168.10.1. Untuk bisa mengakses mikrotik melalui IP tersebut, maka mikrotik dan komputer harus terhubung dalam satu jaringan.
Langkah-langkah remote mikrotik via IP :
Pastikan IP komputer anda sudah satu segmen dengan IP ether2 mikrotik dan sudah bisa ping ke IP mikrotik.
Silahkan isi IP komputer anda dengan 192.168.10.2 subnet mask 255.555.555.0 lalu coba pastikan komputer sudah bisa melakukan ping ke IP mikrotik. Selanjutnya lakukan Scanning melalui winbox, caranya sama dengan cara akses via MAC address hanya saja yang kita pilih IP Addressnya bukan MAC address.
winbox mikrotik

Cara akses melalui winbox adalah cara yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan baik dengan MAC address maupun IP Address dan secara default winbox akan mendeteksi MAC address mikrotik walaupun mikrotik belum disetting IP address nya.
Cara Remote Mikrotik Menggunakan Telnet
Remote dengan Telnet menggunakan mode CLI, dimana kita hanya bisa melakukan konfigurasi mikrotik dengan command line. Bagi anda pengguna Windows7, secara default aplikasi telnet tidak diaktifkan. Silahkan aktifkan terlebih dahulu aplikasi telnet client anda dengan cara berikut :
1. Klik Start
2. Control Panel
3. Programs And Features
4. Turn Windows features on or off
5. Beri centang tulisan Telnet Client
6. Klik OK

Langkah-langkahnya telnet mikrotik :
Pastikan IP address komputer anda sudah satu network dengan IP mikrotik yang akan di remote.
Buka command prompt windows, kemudian ketik telnet IP_addres_mikrotik kemudian tekan enter, contoh :


C:\> telnet 192.168.10.1

Cara Remote menggunakan SSh (Putty)
Remote mikrotik menggunakan Putty biasanya dilakukan ketika akan mengakses router dari jarak jauh dan dengan bandwidth yang pas-pasan, karena kalau kita menggunakan winbox maka koneksi akan putus-putus, salah satu solusinya yaitu dengan program SSH Client, dalam tutorial kali ini saya menggunakan Putty.
- Jalankan program Putty
– Pada kolom Hostname masukan IP address mikrotik. Pastikan Connection Type SSH dengan port default 22.
– Kemudian klik tombol Open
– Jika koneksi suskes maka akan muncul prompt login as
– Masukan username dan password mikrotik anda kemudian tekan enter

Saat menggunakan secure shell ketika kita mengetikan password tidak akan tampil di layar, ketikan saja password anda dengan benar lalu tekan ENTER akses mikrotik via putty
Cara Remote Menggunakan Browser (Webfig)
Pastikan IP komputer anda sudah satu network dengan IP mikrotik
Buka browser kesayangan anda lalu ketikkan IP address mikrotik di address bar selanjutnya tekan enter.
akses mikrotik via browser
Tampilan utama webfig mikrotik webfig mikrotik
Cara Remote Mikrotik Via FTP (File Transfer Protokol)
Remote menggunakan FTP biasanya dilakukan ketika kita akan melakukan transfer file dengan cara upload dari komputer lokal ke dalam mikrotik. Hal ini berguna ketika kita akan mengupload login page hotspot maupun upload paket mikrotik.
Langkah-kangkahnya :

  • Jalankan program FileZilla FTP client.
  • Masukan IP address mikrotik pada kolom Host, lalu masukan username dan password pada kolom disebelahnya, setelah itu klik tombol Quick connect atau tekan enter.


Cara remote mikrotik vai ftp
Akhirnya tuntas sudah pembahasan cara akses mikrotik melalui beberapa cara diatas. Secara default semua cara tersebut bisadigunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar